Ekonomi publik dan hubungannya dengan ilmu sosial lainnya


Selamat malam sobat, pada kesempatan kali ini saya ingin menuliskan tentang EKONOMI PUBLIK DAN HUBUNGANNYA DENGAN ILMU SOSIAL LAINNYA. Baiklah sobat kita langsung ke pembahasan.

KONSEP DASAR ILMU EKONOMI PUBLIK

Secara umum ekonomi public diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang peranan pemerintah/Negara dalam kehidupan ekonomi. Namun sejak tahun 1970-an lebih banyak disebut sebagai ilmu keuangan Negara. Disebut ilmu keuangan Negara karena pada intinya mempelajari atau menelaah tentang pengeluaran dan penerimaan Negara.
Menurut Poole (1956) ilmu keuangan Negara berhubungan erat dengan empat tujuan utama dari pemerintah yaitu menentukan tingkat dan cara pengeluaran pemerintah, penerimaan dari pajak, pinjaman pemerintah dan mengelola hutang pemerintah.

Tujuan utama dari ilmu keuangan Negara adalah menentukan alokasi resources serta mengetahui pengaruhnya dari penempatan tersebut terhadap keperluasn individu maupun keperluan masyarakat serta pemerintah.
Menurut Newman (1968) dalam Ilyas (1989) ada dua hal pokok yang merupakan konsep ilmu keuangan Negara :

1. Ruang lingkup dan tujuan pemerintah. Dalam hal ini diadakan penyesuaian batasan antara sektor pemerintah dan sektor swasta di dalam kegiatan ekonomi. Utamanya dalam menentukan bagaimana kemampuan dari kegiatan pemerintah yang beranekaragam mungkin akan memepengaruhi tingkat pendapatan dan kesempatan kerja, efisiensi dari alokasi seumberdaya dan juga pertumbuhan serta perkembangan ekonmi di sektor swasta.

2. Pembahasan yang berhubungan dengan perumusan ilmu keuangan Negara dalam istilah yang non moneter.

Berdasarkan definisi tersebut maka ruang lingkup ilmu keuangan Negara dapat dibagi menjadi :

1. Teori pengeluaran Negara. Melalui pengeluaran Negara pemerintah dapat berusaha mengembangkan jalannya keuangan dalam perekonomian sesuai dengan hukum permintaan dan penawaran yang bertujuan akhir adalah untuk 
meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

2. Teori permintaan Negara. Teori yang membahas beberapa sumber penerimaan Negara, membahas dan menganalisis perbandingan keuntungan atau kerugian dari berbagai bentuk pemasukan serta membahas prinsip-prinsip yang dilakukan terhadap berbagai pilihan sumber penerimaan Negara.

3. Teori administrasi keuangan. Menyangkut tentang semua kegiatan dalam bidang keuangan termasuk permasalahannya yang berkaitan dengan anggaran belanja Negara, melakukan pelaksanaan anggaran dan pengawasan terhadap anggaran.

4. Teori stabilisasi dan pertumbuhan. Membahas tentang kebijakan ekonomi dari suatu pemerintah dan kaitannya dengan kebijakan fiskal yang berhubungan langsung dengan penerimaan dan pengeluaran Negara.

Hubungan ekonomi public dengan ilmu sosial lainnya.

1. Hubungan Dengan Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi Publik merupakan bagian dari ilmu ekonomi, dengan demikian prinsip yang berlaku dalam ilmu ekonomi juga berlaku dalam ilmu keuangan Negara walaupun ada penyimpangan dan kekhususan tertentu.

2. Hubungan Dengan Ilmu Hukum

Dengan melihat ilmu ekonomi public sebagai suatu pengertian, maka ilmu ini berkaitan erat dengan istilah “Negara” yang termasuk dalam istilah hukum privat maupun public. Ilmu ekonomi public akan berkaitan dengan lembaga kenegaraan seperti pemerintah, DPR, BPK.

3. Hubungan Dengan Ilmu Politik

Pembagian kekuasaan, penggunaan dan pengawasan akan terkait dengan studi ilmu politik. Penentuan budget pembagian atau alokasi budget antar departemen, lembaga resmi dalam perwujudannya adalah aplikasi ilmu politik. Demikian pula dengan penetapan pajak baru, pinjaman pemerintah, PMDN dan PMD adalah juga persoalan politik dalam bingkai Negara untuk penguatan keuangan Negara.

Reviews:

Posting Komentar

ECONOESIA © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.