Neraca pembayaran


Selamat malam sobat, pada kesempatan kali ini saya ingin menuliskan tentang NERACA PEMBAYARAN. Baiklah langsung saja ke pembahasan sob.

Neraca Pembayaran

Neraca pembayaran suatu Negara adalah suatu catatan yang sistematis tentang transaksi ekonomi antar penduduk Negara tersebut dengan penduduk Negara lain dalam satu periode tertentu. Dengan demikian didalam neraca pembayaran dapat ditemukan informasi mengenai transaksi baik transaksi pembayaran Negara kepada pihak luar negeri maupun transaksi penerimaan yang diperoleh oleh Negara dari pihak luar negeri.
Neraca pembayaran sangat berguna terutama untuk mengetahui bagaimana proses terjadinya perubahan-perubahan ekonomi internasional, sehingga bisa diketahui sampai sejauh mana peranan hubungan ekonomi internasional terhadap perekonomian nasional. Disamping itu dapat pula diketahui kesulitan-kesulitan apa yang dialami pada periode sebelumnya.
Hal yang penting diingat adalah bahwa setiap neraca pembayaran senantiasa memiliki dimensi waktu. Artinya apa yang dicatat disitu adalah arus pertukaran barang, jasa, hadiah, dan aset antara penduduk dari suatu Negara dengan penduduk dari Negara-negara lain dalam kurun waktu tertentu.

Tujuan Penyusunan Neraca Pembayaran

Tujuan penyusunan neraca pembayaran adalah untuk menyediakan informasi bagi pemerintah dan siapa pun yang membutuhkan atau berkepentingan mengenai posisi internasional dari Negara bersangkutan secara keseluruhan. Bagi pemerintah, data ini dapat dijadikan sebagai salah satu dasar bagi penyusunan strategi dan kebijakan-kebijakan moneter, fiskal, dan perdagangan. Bagi kalangan swasta, data-data neraca pembayaran itu juga penting untuk menjadi salah satu sumber informasi yang diperlukan dalam menyusun perencanaan dan strategi bisnis.

Prinsip-prinsip akuntansi neraca pembayaran

Pemahaman atas prinsip-prinsip akuntasi pembayaran merupakan langkah awal yang sangat penting demi memahami transaksi-transaksi internasional. Neraca pembayaran merupakan suatu dokumen yang unik dan formatnya berbeda dengan neraca biasa. Hal yang membedakannya adalah :

1. Dalam neraca pembayaran setiap transaksi yang menimbulkan hak untuk menerima dicatat di sebelah kredit dan setiap transaksi yang menimbulkan kewajiban untuk membayar dicatat disebelah debet.

2. Posisi debet berada di sebelah kanan, sedangkan posisi kredit berada disebelah kiri (lain dengan neraca biasa yang mana kredit berada di sebelah kanan, sementara debet berada di sebelah kiri).
Perbedaan posisi ini disebabkan oleh karena di dalam neraca pembayaran arus nilai masuk dicatat di sebelah debet, meskipun sebenarnya penduduk Negara tersebut harus membayar.

Pos-pos dalam neraca pembayaran

Pada dasarnya ada dua jenis transaksi internasional yang dicatat dalam setiap neraca pembayaran.

1. Transaksi barang dan jasa, transaksi ini sering juga disebut dengan transaksi berjalan (current account). Transaksi-transaksi yang berkaitan dengan ekspor atau impor barang atau jasa tentu saja langsung masuk ke dalam neraca transaksi berjalan.

2. Transaksi modal (capital account). Transaksi-transaksi ini berkaitan dengan pembelian atau penjualan aset-aset. Aset adalah suatu benda penyimpanan kekayaan seperti uang, saham, pabrik, surat hutan pemerintah, tanah, dan lainnya. Neraca modal yang merupakan bagian neraca pembayaran mencatat semua jual beli internasional atas berbagai aset.


Reviews:

Posting Komentar

ECONOESIA © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.