Ekonomika industri dan alasan mengapa ekonomika industri itu penting

Selamat pagi sobat, kali ini saya ingin menuliskan tentang DEFINISI EKONOMIKA INDUSTRI DAN MENGAPA EKONOMIKA INDUSTRI ITU PENTING. Baiklah kita langsung saja ke pembahasan.

Definisi Ekonomika Industri

Stingler (1968) dalam Schmalense (1989) menyatakan bahwa ekonomika industry adalah cabang ilmu ekonomi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait struktur dan perilaku industry dalam perekonomian, khususnya struktur pasar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Pengaruh konsentrasi perusahaan terhadap kompetisi serta pengaruh kompetisi terhadap harga, investasi, dan inovasi.

Stingler menambahkan bahwa ekonomika industry tidak hanya membahas teori, tetapi juga pengukuran, pengujian hipotesis, dan analisis kebijakan public terkait bisnis.

Ekonomika industry memiliki sejumlah karakteristik yang sama dengan ekonomika mikro dan ekonomika manajerial. Maupun demikian, ekonomika industry berbeda dengan ekonomi mikro maupun manajerial. Ekonomi mikro merupakan ilmu ekonomi yang bersifat abstrak, deduktif dan kaku. Sementara ekonomika industry bersifat fleksibel dan induktif.

Mengacu pada Barthwal (2010), ekonomika industry juga memiliki beberapa karakteristik yang serupa dengan ekonomika manajerial. Ekonomika manajerial dan ekonomika industry sama-sama membahas konsep-konsep dan analisis terkait perusahaan, seperti analisis permintaan, biaya, laba, kompetisi, dan elemen lain untuk menunjang pengambilan keputusan.

DEFINISI INDUSTRI

Dalam pendefinisian Ekonometrika industry banyak digunakan istilah “industry”. Industri sendiri mengacu pada sejumlah perusahaan yang memproduksi dan menjual sejumlah produk yang serupa, memanfaatkan teknologi yang serupa dan mungkin juga mengakses faktor produksi (input) dari pasar faktor produksi yang sama.

Pengklasifikasian industri menurut kategori dalam KBLI 2009

Kategori
Lapangan Usaha (industri)
A
Pertanian, kehutanan dan perikanan
B
Pertambangan dan penggalian
C
Industry pengolahan
D
Pengadaan listrik, gas, uap air dan udara dingin
E
Pengadaan air, pengolahan sampah dan daur ulang :pembuangan dan pembersihan limbah dan sampah
F
Konstruksi
G
Perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor
H
Transportasi dan pergudangan
I
Penyediaan akomodasi dan penyediaan makan minum
J
Informasi dan komunikasi
K
Jasa keuangan dan asuransi
L
Real estate
M
Jasa professional, ilmiah dan teknis
N
Jasa penyewaan, ketenagakerjaa, agen perjalanan dan penunjang usaha lainnya
O
Administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib
P
Jasa pendidikan
Q
Jasa kesehatan dan kegiatan sosial
R
Kebudayaan, hiburan dan rekreasi
S
Kegiatan dan jasa lainnya
T
Jasa perorangan yang melayani rumah tangga, kegiatan yang menghasilkan barang dan jasa oleh rumah tangga yang digunakan sendiri untuk memenuhi kebutuhan
U
Kegiatan badan internasional dan badan ekstra internasional lainnya


1. Kategori menunjukkan garis pokok penggolongan kegiatan ekonomi, penggolongan ini diberi kode alphabet. Dalam KBLI seluruh kegiatan ekonomi di Indonesia digolongkan menjadi 21 ketegori. Kategori-kategori tersebut diberi kode huruf A sampai U

2. Golongan pokok, merupakan uraian lebih lanjut dari kategori. Setiap kategori duiraikan menjadi satu atau beberapa golongan pokok menurut sifat masing-masing golongan pokok. Setiap golongan pokok diberi kode dua digit angka

3. Golongan, merupakan uraian lebih lanjut dari golongan pokok. Kode golongan terdiri dari tiga digit angka, yaitu dua digit angka pertama menunjukkan golongan pokok yang berkaitan dan satu angka terakhir menunjukkan kegiatan ekonomi dari setiap golongan yang bersangkutan. Setiap golongan dapat diuraikan menjadi sebanyak-banyaknya Sembilan golongan.

4. Subgolongan, merupakan uraian lebih lanjut dari kegiatan ekonomi, yang tercakup dalam golongan. Kode subgolongan terdiri dari empat digit, yaitu kode tiga digit angka pertama menunjukkan golongan yang berkaitan dan satu digit angka terakhir menunjukkan kegiatan ekonomi dari subgolongan bersangkutan. Setiap golongan dapat diuraikan lebih lanjut menjadi sebanyak-banyaknya Sembilan subgolongan.

5. Kelompok, dimaksudkan untuk memilah lebih lanjut kegiatan yang dicakup dalam suatu golongan menjadi beberapa kegiatan yang lebih homogen.

Mengapa ekonomika industri penting ?

Ekonomika industri menjadi cabang ilmu ekonomi yang semakin penting untuk dipelajari karena :

1. Praktik-praktik struktur pasar yang semakin terkonsentrasi dalam kegiatan bisnis telah dikenal sejak lama, dimana praktik-praktik konsentrasi pasar ini cenderung mendorong terjadinya perilaku pelaku pasar yang menimbulkan berbagai kerugian bagi konsumen. Misalnya dalam hal penetapan harga yang tinggi. Dengan memahami ekonomika industri konsumen dapat memahami fenomena yang terjadi dipasar dan menetukan risiko kerugian yang akan ditanggungnya akibat struktur dan perilaku pasar yang ada.

2. Semakin tinggi konsentrasi industry, maka persaingan antar perusahaan akan semakin rendah dan sering kali muncul berbagai hambatan bagi pesaing untuk memasuki pasar. Hal ini akan semakin mengakibatkan terjadinya inefisiensi perekonomian. Dengan memahami ekonomika industry perusahaan dan pemerintah dapat mengambil strategi maupun kebijakan-kebijakan yang tepat untuk mempengaruhi konesentrasi tersebut dalam rangka mendorong terwujudnya efisiensi perekonomian.

3. Konsentrasi industry yang tinggi berakibat pada adanya konsentrasi kekayaan. Hal ini selanjutnya dapat menghambat terwujudnya pemerataan pembangunan, baik dalam hal pemerataan pendapatan maupun pemerataan kesempatan kerja. Pemahaman tentang ekonomika industry akan memberikan landasan berpikir untuk menganalisis permasalahan dan membangun solusi untuk mengatasi permasalahan terkait pemerataan pembangunan tersebut.

4. Kaitan struktur industry dengan penyelesaian masalah-masalah ekonomi terkait dengan intervensi pemerintah. Dalam hal ini, pemahaman mengenai ekonomi industry akan memberikan landasan bagi evaluator untuk mengevaluasi efektivitasi kebijakan pemerintah dalam menciptakan struktur industry yang mengoptimalkan benefit bagi perekonomian dan menganalisis kebijakan pemerintah seperti apakah yang sekiranya tepat untuk diaplikasikan pada struktur industry yang ada.

Reviews:

Posting Komentar

ECONOESIA © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.