Jenis-jenis perencanaan ekonomi


Selamat siang sobat, senang sekali saya dapat kembali ke blog ini. Pada kesempatan kali ini saya ingin menuliskan tentang JENIS PERENCANAAN.
Baiklah sobat, kita langsung ke pembahasan


Perencanaan ekonomi dapat dibedakan yaitu

Perencanaan komprehensif (comprehensive planning)
Perencanaan sektoral (sectoral planning)
Perencanaan wilayah (regional planning)
Perencanaan produk (product planning)
Perencanaan keuangan (finance planning
Perencanaan fisik (physical planning)
Perencanaan proyek (project planning)
Perencanaan strategis (strategic planning) dan
Perencanaan bisnis (business planning)

Dari jenis-jenis perencanaan tersebut dapat dikelompokkan kedalam empat bagian :

BERDASARKAN RUANG LINGKUP

Perencanaan yang berdasarkan ruang lingkup mempunyai arti bahwa perencanaan beorientasi menjelaskan sasaran yang ingin dicapai yang terdiri dari sasaran makro, regional, sektoral dan untuk pengembangan suatu produk tertentu.

Perencanaan komprehensif

Perencanaan komprehensif yang sering disebut perencanaan makro (macro planning) merupakan perencanaan yang bersifat makro dan komprehensif dalam menentukan tujuan target dan sasaran. Pada dasarnya beberapa target yang ingin dicapai adalah pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja inflasi, ketimpangan pendapatan pengangguran kemiskinan.
Perencanaan komprehensif bersifat sentralistis dengan kewenangan yang lebih besar kepada pemerintah pusat yang dipelopori oleh Bappenas.

Keunggulan perencanaan komprehensif antara lain, dapat memepercepat pencapaian pertumbuhan ekonomi, lebih mudah mengkoordinir proses perencanaan karena lebih terpusat, ada substitusi pendanaan pembangunan antar daerah.

Perencanaan sektoral

Perencanaan sektoral yang sering juga disebut perencanaan pararel merupakan perencanaan yang berorientasi kepada mempercepat perkembangan nilai tambah sektoral, bagaimana meningkatkan perkembangan ekonomi sektoral.

Keunggulan perencanaan sektoral antara lain, dapat mempercepat perkembangan nilai tambah sektoral, lebih memacu perkembangan sektor yang 
menjadi basis pembangunan Indonesia.

Perencanaan regional

Perencanaan regional sering disebut dengan perencanaan wilayah, merupakan perencanaan yang memfokuskan kepada mempercepat perkembangan ekonomi suatu wilayah/provinsi atau kabupaten dengan berbasis kepada potensi daerah. Dimana daerah yang kaya denga sumber daya alam akan membuat perencanaan 
pembangunan yang mengarah kepada pemanfaatan SDA tersebut.

Keunggulan perencanaan regional antara lain, dapat memepercepat pembangunan ekonomi suatu wilayah, potensi wilayah lebih berkembang cepat.

Perencanaan produk

Perencanaan produk merupakan perencanaan yang berorientasi keapda mempercepat pengembangan suatu produk tertentu, misalnya produk unggulan atau produk yang berorientasi ekspor dan juga produk yang mempunyai potensi 
yang sangat besar pada suatu Negara atau daerah.


BERDASARKAN OBJEK

Perencanaan fisik

Perencanaan fisik berupa perencanaan dalam membangun infrastruktur, misalnya jalan, gedung, jembatan sekolah dan bangunan lainnya.
Dalam pengembangannya, perkembangan fisik berkembang sangat pesat, demikian juga dengan perencanaan pengawasan karena apabila ada pembangunan fisik selalu diawali dengan terbentuknya produk rancangan fisik terlebih dahulu yang selanjutnya dalam proses pelaksanaan proyek diawasi oleh pengawas proyek yang sebelumnya telah dilakukan rancangan yang telah disetujui antara pengawas dan pemilik proyek tersebut.

Perencanaan proyek

Perencanaan proyek adalah perencanaan yang khusus merancang kelayakan suatu proyek tersebut atau lebih berorientasi kepada perencanaan investasi yang berorientasi kepada mendapatkan keuntungan dalam suatu periode atau tahun tertentu.

 Perencanaan keuangan

Perencanaan keuangan berorientasi kepada meningkatkan sumber penerimaan. Mengalokasi dan mendistribusikan anggaran sesuai dengan prioritasi pembangunan yang sudah disetujui oleh lembaga legislatif.
Selain melaksanakan fungsi alokasi dan distribusi, yang tidak kalah pentingnya perencanaan keuangan juga merancang sumber pembiayaan pembangunan, misalnya pajak, bantuan luar negeri bilateral maupun multilateral.


BERDASARKAN SIFAT

Perencanaan dengan Komando

Perencanaan dengan komando merupakan bentuk perencanaan yang berbasis kepada perintah/komando, pemerintah pusat sebagai penguasa.

Perencanaan dengan Rangsangan

Perencanaan dengan rangsangan merupakan perencanaan yang lebih demokratis sehingga tidak ada paksaan kepada pemerintah yang lebih rendah untuk melaksanakan program dan kegiatan yang telah ditentukan pemerintah pusat. Pelaksanaan program dan proyek pembangunan lebih bersifat rangsangan melalui kebijakan fiskal dan moneter yang dibuat oleh pemerintah.


BERDASARKAN SPESIFIKASI TUJUAN

Perencanaan strategi

Perencanaan strategis merupakan proses perencanaan secara sistematis yang berkelanjutan dari pembuatan keputusan dengan memanfaatkan sebanyaknya pengetahuan antisipasif mengorganisasi secara sistematis usaha-usaha   melaksanakan keputusan tersebut dan mengukur hasilnya melalui umpan balik yang terorganisir dan sistematis.
Perencanaan strategi juga dapat merupakan suatu proses yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu 1 tahun sampai 5 tahun dengan memperhitungkan potensi, peluang dan kedala yang akan timbul.

 Perencanaan bisnis


Perencanaan bisnis adalah suatu proses membuat perencanaan yang berorientasi memaksimumkan keuntungan dengan meminimumkan biaya.

Reviews:

Posting Komentar

ECONOESIA © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.