Perencanaan ekonomi dan Tujuannya


Selamat siang sahabat, kali ini saya ingin menuliskan tentang PERENCANAAN EKONOMI. Baiklah langsung saja ke pembahasan sob.

PENGERTIAN PERENCANAAN EKONOMI
Dalam beberapa literature berbagai penafsiran tentang perencanaan, ada yang mengaitkan dan menafsirkan sebatas perencanaan teknis seperti perencanaan dalam membuat sebauh gedung, atau bangunan lain dan juga yang lebih memfokuskan kepada perencanaan keuangan. Sebagian lagi yang menghubungkan dengan segala kegiatan dan teknik yang dilakukan pemerintah untuk mencapai tujuan, sasaran dan target tertentu. Perencanaan juga ditafsirkan sebagai setiap penentuan sasaran produksi oleh pemerintah.
Secara umum menurut Michael P Todaro dalam bukunya Economic Development in the third world (2000) menjelaskan bahwa perencanaan merupakan sebagai usaha secara sadar dari suatu pemerintah atau organisasi untuk mempengaruhi, mengarahkan dan mengontrol perubahan variabel ekonomi antara lain PDB, konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah, tabungan, ekspor dan impor dari suatu Negara/daerah tertentu selama periode tertentu sesuai dengan serangkaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Perencanaan juga memiliki peran sebagai berikut :

1. Penentuan Arah Pembangunan

Perencanaan diperlukan untuk menentukan arah pembangunan baik jangka pendek, menengah dan panjang. Arah pembangunan suatu Negara atau daerah tergambar pada produk perencanaan tentang visi, misi, tujuan, target program dan kegiatan pembangunan.

2. Penggunaan Sumber Daya yang Efisien dan Efektif

Pemanfaatan SDA dan SDM yang efektif dan efisien harus dirancang secara baik dan terintegrasi serta komprehensif. Hal ini dilakukan erat kaitannya  dengan pertimbangan keterbatasan seumber daya, terutama untuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (unrenewable resources) seperti MIgas, Batu bara dan Emas.

3.    Perubahan Struktur

Perubahan struktur harus dinilai dari rasio nilai tambah sektoral terhadap PDB, bukan nilai absolute. Perencanaan sangat berperan untuk menggerakkan terjadinya perubahan struktur ekonomi atau berjalannya transfomasi structural. Mekanisme pasar tidak akan mampu merubah struktur ekonomi dari agraris ke industry atau dari sektor primer ke sekunder dan tersier meskipun Indonesia kaya dengan pertanian, namun proses perencanaan harus memepercepat peningkatan nilai tambah dengan merubah produk yang dihasilkan kearah produk industry pengolahan dan juga mengembangkan sektor jasa.

4. Kepentingan Keadilan

Perencanaan juga berperan menciptakan keadilan antar kelompok masyarakat antar daerah dalam memanfaatkan SDA dan SDM serta hasil pembangunan. Dalam pelaksanaan pembangunan ada kecendrungan kelompok yang kaya dan berkuasa akan menguasai sumber daya untuk kepentingan pribadi dan kelompok sendiri. Disinilah salah satu peranan perencanaan yang harus menata penggunaan dan alokasinya serta distribusi sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Reviews:

Posting Komentar

ECONOESIA © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.