HARIKU BERSAMA PRELO ( Prelo, solusi cerdas mencari barang bekas berkualitas )



Perkenalkan nama saya Kharisma ( Cowok loh ya ), saya seorang yang senang sekali membaca, terutama buku-buku fiksi dan novel, karena ketertarikan saya dalam membaca ini saya sering di katain ni sama teman-teman saya, macam-macam deh julukannya ( wah, lo kutu buku lo, lo bookworm lo, lo freak lo, nerd lo ), yang aneh nya giliran ada tugas kuliah pada deket tu mereka.

Tapi bukan berarti karena minat saya dalam membaca, saya menjadi orang yang kurang pergaulan, aneh ( buktinya ada aja cewek yang mau sama saya 😄 ). Oke karena hobi saya dalam membaca buku-buku fiksi ini, jadi saya memiliki banyak sekali koleksi buku di kamar saya.

Tapi seakan tidak pernah cukup, dan mungkin ada sedikit gejala CBD ( compulsive buying disorder ) pada diri saya. Jadi saya ingin selalu membaca buku-buku itu baik edisi baru maupun edisi yang lama sekalipun.

" CBD, keadaan dimana ada rasa tak tertahankan dalam diri untuk membeli sesuatu, dalam kasus saya yaitu buku. "

Pada kesempatan kali ini saya ingin bercerita tentang keinginan saya untuk membaca novel The Hobbit karya J.R.R Tolkien. Berhubung novel ini tergolong keluaran lama, jadi agak susah buat mendapatkannya, saya sudah mencari ke beberapa toko buku di kota saya juga tidak ketemu. Mau minjem ke perpustakaan, perpustakaan nya tutup terus, sekalinya buka juga gak ada ( ngeselin ya ).

Jadi saya berpikir untuk mencari buku second nya aja, karna harga buku baru pasti relatif mahal, tapi sayang toko buku bekas di kota saya udah lama tutup karna gak kuat bersaing mungkin.

Nah sebagai manusia yang sadar akan teknologi, jadi saya mencoba mencari ke internet, banyak sih yang muncul, tapi saya hanya mencari buku second nya, dalam hati berkata ( kok susah ya ), taunya kuota internet habis, pantes gak loading 😑

Setelah kembali terhubung, saya kembali mencari, saya ketemu satu situs yang menjual barang bekas bernama PRELO , begitu saya buka, saya takjub ternyata PRELO menyediakan tab khusus yang menjual buku-buku.
prelo.co.id
 
Saya mencoba mencari buku tersebut, akhirnya saya menemukan satu buku The Hobbit versi bahasa inggris, dalam hati senang banget bisa menemukan buku seperti ini, dengan harga miring pula pastinya.
prelo.co.id

Namun tidaklah baik rasanya kalau saya hanya menyimpan rasa bahagia ini sendiri, jadi saya ingin membagikannya kepada pembaca dengan meriview PRELO, semoga bisa menjadi acuan bagi pembaca yang sedang mencari barang bekas berkualitas.

APA SIH PRELO ?

Dikutip dari situsnya https://prelo.co.id/ prelo merupakan aplikasi jual beli barang bekas berkualitas yang dilengkapi dengan fitur-fitur inovatif. Pernyataan ini tentunya tidak sembarang, mengingat memang banyak fitur inovatif yang dihadirkan oleh prelo, salah satunya yang menarik perhatian saya adalah fitur "tawar". Fitur ini memungkinkan kita untuk menawar barang yang kita pilih jika kita menganggap kalau penjual memasang harga yang tinggi ( tapi menawar juga kira-kira ya 😀 ).
prelo.co.id


BAGAIMANA MEMBELI DI PRELO ?

Membeli barang bekas berkualitas di prelo sangat mudah, pertama yang harus dilakukan adalah registrasi dahulu, registrasi nya pun gampang banget, tinggal buka website nya atau bisa langsung download aplikasi nya di Google Play dan App Store. klik menu register kemudian isikan identitas.

prelo.co.id  


Setelah selesai registrasi, kini saya sudah siap untuk berbelanja barang bekas berkualitas di prelo, melanjutkan ceita saya yang tadi dimana saya yang telah senang menemukan buku impian saya, saya ingin membeli buku tersebut, terdapat dua pilihan yang diberikan prelo, "chat" dan "beli sekarang". Dua fitur ini memiliki perbedaan.
1. Pada fitur chat, memungkinkan untuk melakukan penawaran terlebih dahulu.
2. Pada fitur beli sekarang, maksudnya adalah saya setuju dengan harga penjual dan ingin langsung membeli.
prelo.co.id



 Setelah merasa pas dengan harga, tinggal menekan menu "beli" deh kemudian saya akan dibawa ke menu checkout, disana saya tinggal mengisi alamat, dan metode pembayaran yang saya inginkan. Prelo juga memungkinkan saya kembali mendapatkan potongan jika saya mempunyai kode voucher ( sayang nya tidak punya 😀 ).
prelo.co.id  


Setelah semua proses pembayaran selesai, tinggal duduk santai deh dirumah, sambil menunggu barang datang 😁. Oya, prelo juga memungkinkan saya untuk mengetahui status pengiriman barang saya, yaitu pada menu "Belanjaan Saya". Jadi belanja senang hati pun tenang.
prelo.co.id

BAGAIMANA CARA NYA JIKA SAYA TERTARIK MENJADI PENJUAL DI PRELO ?

Well, mengingat koleksi barang preloved saya yaitu novel udah numpuk, saya menjadi kepikiran untuk menjualnya nih, tapi gak sekarang ya karena masih dipikir-pikir dulu 😀. Namun saya tetap akan meriview bagaimana cara mendaftar menjadi penjual di prelo dari sudut pandang orang pertama ya.

Caranya gampang banget, pertama yaitu melakukan registrasi dahulu jika baru pertama kali di prelo atau belum terdaftar. Setelah selesai registrasi, tinggal buka website nya, atau dari aplikasi nya bisa langsung mengambil gambar barang yang akan dijual dan mengupload nya di prelo, caranya gampang kok, tinggal menekan ikon kamera yang ada di tengah.
prelo.co.id


Setelah mengambil gambar barang jualan, selanjutnya tinggal mengisi deskripsi barang deh, dari mulai berat, harga, dan alasan kenapa dijual. yang menariknya di prelo bisa memilih ongkos kirim, yang menanggung mau yang menjual atau pembeli, ( disarankan menggunakan free ongkir ) agar menjadi magnet tersendiri untuk menggaet pembeli.
prelo.co.id
 

Kemudian tekan "Lanjutkan", selesai deh sudah, barang jualan udah terpasang di prelo dan siap menunggu pembeli datang. Oya di prelo, setiap barang yang di jual itu terkena charge sebesar 10%. Tapi tenang, bisa dikurangi kok, menguranginya cukup dengan share ke media sosial.
1. Share ke Instagram akan mendapatkan potongan sebesar 3%.
2. Share ke Facebook akan mendapatkan potongan sebesar 4%.
3. Share ke Twitter akan mendapatkan potongan sebesar 3%.
Gimana kalo di share ke tiga media sosial tersebut 😆.

Di prelo boleh kok menjual lebih dari satu barang, jadi jika mau melihat barang jualan, tinggal lihat di menu "Jualan Saya".
prelo.co.id
 


APA SAJA KELEBIHAN PRELO ?

Banyak sekali kelebihan dari prelo yang saya temukan

1. Prelo memberikan fitur "tawar" yang memungkinkan saya bisa menawar kembali harga dari penjual barang.
2. Prelo memberikan garansi uang kembali selama 3x24 jam, dengan syarat barang yang diterima pembeli tidak sesuai, rusak atau KW.
3. Prelo menjamin keamanan bertransaksi antara penjual dan pembeli karena prelo menggunakan sistem rekber (rekening bersama), sehingga pembeli akan terhindar dari tindak penipuan.
4. Prelo mempunyai fitur request barang, dimana setiap pembeli dapat merequest barang yang tidak ada di prelo.
prelo.co.id


5. Tidak cuman fitur request barang, prelo juga mempunyai fitur request packaging, maksud dari fitur ini adalah penjual bisa memesan prelo plastic bag dan label untuk memudahkan pengiriman barang kepada pembeli.
prelo.co.id
  

6. Prelo juga menyediakan fitur Laporkan Barang, fitur ini dimaksudkan jika sewaktu-waktu pembeli merasa dikecewakan oleh penjual. Tenang saja rahasia pelapor akan di rahasiakan kok.
prelo.co.id
 


7. Proses penarikan uang hasil penjualan di prelo juga mudah alias gak ribet, juga gak memerlukan minimal penarikan. 
8. Interface yang user friendly banget.
9. Tersedia banyak pilihan barang, bahkan barang antik pun tersedia di prelo  

Setelah mengetahui semua tentang PRELO, gak ada alasan lagi buat saya untuk susah-susah mencari buku novel untuk menambah koleksi saya, saya bisa dengan bahagia menajalankan hari bersama PRELO. Jadi buat kamu, udah download PRELO belum ? 

Tag : PRELO, PRELOVED, JUAL BELI, BARANG BEKAS 



Reviews:

ECONOESIA © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.