Kurs dan pasar valuta asing


Selamat malam sobat, pada kesempatan kali ini saya ingin menuliskan tentang KURS DAN PASAR VALUTA ASING. Tanpa basa basi langsung saja simak pembahasannya sob.

APA ITU PASAR VALUTA ASING ?
Pasar valuta asing adalah pasar yang memperdagangkan mata uang dari Negara-negara yang berbeda. Pasar valuta asing tidak memiliki bentuk fisik tertentu karena pengertiannya lebih mengacu pada aktivitas/kegiatan ketimbang lokasi fisik seperti pengertian pada pasar tradisional.

APA ITU KURS ?
Kurs dapat dikatakan sebagai harga mata uang suatu Negara terhadap mata uang Negara lain. Dalam pengertian yang lebih sederhana, kurs dapat diartikan sebagai jumlah suatu mata uang yang diperlukan untuk membeli satu satuan mata uang lain.

FAKTOR-FAKTOR YANG MENYEBABKAN PERUBAHAN KURS

1. Kurs juga dapat dibedakan atas kurs jual dan kurs beli. Kurs jual adalah kurs yang berlaku untuk setiap unit mata uang yang dijual oleh pedagang valuta asing, sedangkan kurs beli adalah kurs yang berlaku untuk setiap mata uang yang dibeli oleh pedagang valuta asing. Biasanya kurs jual lebih tinggi dibandingkan kurs beli.

2. Perbedaan kurs dapat diakibatkan oleh perbedaan dalam waktu pembayaran. Kurs telegraphic transfer (TT) lebih tinggi dari kurs Mail transfer (MT) sebab perintah pembayaran dengan telegram lebih cepat dibandingkan dengan penyerahan melalui surat.

3. Perbedaan dalam tingkat keamanan dan penerimaan hak pembayaran.
Kurs dapat berubah dengan cepat tergantung kepada permintaan dan penawaran di masing-masing Negara.

Fungsi pasar Valuta Asing (VALAS)

1. Mempermudah penukaran valas serta pemindahan dana dari satu Negara ke Negara lain. Proses pemindahan dana ini dapat dilakukan dengan sistem clearing seperti yang dilakukan oleh bank-bank serta pedagang.

2. Mempermudah melakukan kontrak jual beli dengan kredit. Dalam perdagangan internasional. Tidak semua kontrak di jual beli dilakukan dengan tunai. Transaksi pembayaran bisa dilakukan melalui beberapa tahapan. Besarnya pembayaran setiap tahapan sangat ditentukan oleh kurs dan tingkat bunga.

3. Memungkinkan dilakukannya hedging. Hedging adalah suatu tindakan untuk mengurangi ketidakpastian mengenai fluktuasi harga di masa yang akan datang. Seorang pedagang melakukan hedging apabila dia pada saat yang sama melakukan transaksi valuta asing di pasar yang berbeda, yang juga dapat dilakukan di pasar Jangka.

Pelaku Transaksi Valuta Asing

Dalam prakteknya, terdapat empat pelaku transaksi atau peserta dalam pasar valuta asing dalam tingat berbeda.

1. Para pelaku transaksi tradisional seperti para wisatawan, importer, eksportir, investor dan lain sebagainya. Mereka adalah pengguna dan pemasok valuta asing yang bersifat langsung.

2. Bank-bank komersil yang bertindak sebagai perantara atau lembaga kliring antara para pemakai (peminta) dan penghimpun (penyedia) valuta asing.

3. Para pialang valuta asing yang bertindak sebagai perantara bank-bank komersil di suatu Negara untuk menukarkan berbagai jenis mata uang di kalangan perbankan itu sendiri.

 Bank sentral yang bertindak sebagai pembeli dan penjual terakhir dari keseluruhan valuta asing di suatu Negara.


Reviews:

Posting Komentar

ECONOESIA © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.